Madrasah tsanawiyyah Nurul Hidayah Mauwaru (Babak Baru Pendidikan Islam Modern)

gambar: 22 oktober 2020


Madrasah sebagai nama bagi suatu lembaga atau wadah yang mewadahi proses transformasi ilmu telah mengalami perkembangan pemaknaan dalam rentang sejarah perkembangan umat islam.

Madrasah di maknai dengan istilah yang menunjuk pada proses belajar dari yang tidak formal sampai yang formal. madrasah adalah salah satu jenis lembaga pendidikan islam yang diusahakan disamping masjid dan juga pesantren.

proses kelahiran dan dinamika madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan islam formal di Indonesia yang merupakan perkembangan lanjut atau pembaruan dari lembaga pendidikan pesantren dan masjid/surau.

Begitu pula madrasah Tsanawiyyah Nurul Hidayah Mauwaru, terbentuknya sebuah lembaga islam dan satu-satunya lembaga Madarasah yang berada di wilayah kecamatan Mauponggo ini karena adanya pemikiran kritis dari para tokoh agama, tokoh masyarakat yang ingin memajukan dakwah islam melalui lembaga madrasah dikarenakan kekhawatiran terhadap sekolah-sekolah umum tanpa memasukkan pelajaran dan pendidikan agama Islam.

menyikapi pemikiran para tokoh tersebut, tujuan didirikannya madrasah ini terdapat tiga kepentingan, yaitu:

1) penyesuaian dengan perkembangan zaman
2) menjembatani perbedaan sistem pendidikan keagamaan dengan sistem pendidikan modern
3) agenda modernisasi Islam itu sendiri

Pemberlakuan Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional telah mengantarkan pendidikan Islam ke dalam babak sejarah baru yang antara lain ditandai dengan pengukuhan sistem pendidikan Islam sebagai pranata pendidikan Nasional. Lembaga-lembaga pendidikan Islam kini memiliki peluang lebih besar untuk tumbuh dan berkembang serta meningkatkan kontribusinya dalam pembangunan pendidikan Nasional.

begitu pula halnya dengan Madrasah tsanawiyyah Nurul Hidayah Mauwaru yang sejak awal berdirinya pada tahun 2006 silam telah banyak memberikan kontribusi dalam berbagai bidang diantaranya adalah memenangkan olimpiade KSM antar Madrasah, kejuaraan tenis meja, hingga mengutus siswa bersaing mewakili kecamatan dalam berbagai macam perlombaan dan masih banyak lagi kontribusi yang diberikan oleh madrasah ini.

selain mewujudkan tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional, inovatif, kreatif, serta peduli lingkungan. Madrasah juga mewujudkan perkembangan potensi perkembangan peserta didik yang sesuai dengan bakat dan juga mewujudkan pendidikan yang berkualitas serta berakhlak mulia. Madrasah tsanawiyyah Nurul Hidayah mauwaru sampai saat ini juga telah banyak mencetak kader-kader intelektual yang berkompeten dalam bidangnya. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MTs Nurul Hidayah Mauwaru mengadakan berbagai acara dan perlombaan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H/2020 masehi

Bakti Sosial, Menjalin Hubungan Sosial Kemasyarakatan